• Posted by : Maggie DL Senin, 19 Juni 2017



    1.         Jelaskan pengertian ideologi menurut Padmo Wahjono!
                “Ideologi merupakan kesatuan yang bulat dan utuh dari ide gagasan”. Menurut pakar hukum tata negara ini ideologi merupakan suatu kelanjutan atau konsekuensi dari pada pandangan hidup bangsa, falsafah hidup bangsa dan akan berupa seperangkant tata nilai yang dicita-citakan  akan direalisir didalam kehidupan berkelompok.
    2.         Jelaskan konsep ideologi komunisme!
                Paham ini merupakan ajaran di Karl  Mark. Pandangan komunisme mengutamakan kebersamaan manusia (individu) daripada kebebasa individu. Dengan demikian, hak pribadi perseorangan tidak diakui. Prinsip dari komunisme adalah materialisme yang menyangkal adanya jiwa rohani dan Tuhan sehingga menindas kebebasan pribadi dan agama.
    3.         Jelaskan konsep ideologi liberalisme!
                Liberalisme merupakan ideologi yang memiliki konsep kebebasan individual. Artinya ada kesetaraan bagi semua anggota masyarakt. Ideologi liberalisme menginginkan semua orang diberikan kesempatan yang sama untuk mengembangkan bakat-bakat yang dimilikinya seperti halnya yang dimiliki orang lain. Dengan demikian, hak-hak individual harus dilindungi dari campur tangan negara dan badan-badan yang lain.
    4.         Jelaskan hubungan pancasila dengan agama!
                Keterkaitan hubungan antara rukun islam sebagai landasan agama islam dan pancasila sebagai landasan negara Indonesia. Adapun hubungan itu yaitu pertama dari segi jumlah, rukun islam berjumlah lima begitupun pancasila. Kedua dari segi makna yaitu  : Ketuhanan Yang Maha Esa, sila ini erat kaitannya dengan rukun islam yang pertama yaitu Syahadat. Selain itu kata ESA sendiri berarti tunggal, yang sebagaimana agama mayoritas penduduk negeri ini mempunyai Tuhan tunggal.
                Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab sila kedua pancasila berkaitan dengan rukun islam yang ke dua yaitu Shalat. Shalat dalam islam selain sebagai ibadah wajib juga dilakukan untuk mendidik.
                Semua agama memiliki ajaran-ajaran yang menjadi patokan dan keutamaan-keutamaan moral bagi setiap penganutnya. Setiap agama mengajarkan kebaikan dan keadilan yang patut dijalankan oleh setiap anggotanya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Antara pancasila dan agama secara tidak langsung terdapat sebuah hubungan teologis-dogmatis yang mesti diterjemahkan dalam praktis hubungan antar agama.
                Negara Indonesia sering disebut Negara islam karna mayoritas masyarakat menganut ajaran islam. Namun saat ini yang menjadi permasalahan adalah bunyi dan butir pada sila pertama. Ada ormas-ormas yang terang-terangan menolak isi dari pancasila tersebut. Bagi kebanyakan dari mereka yang mengatasnamakn diri mereka pancasilais atau islam nasionalis.
                Konsep Negara pancasila adalah konsep Negara agama-agama. Konsep agama yang menjamin setiap pemeluk agama untuk menjalankan agamanya secara utuh, penuh dan sempurna. Negara pancasila bukanlah Negara agama, bukan pula Negara sekuler apalagi Negara atheis.sebuah Negara yang tidak tunduk pada salah satu agama, tidak pula memperkenankan pemisahan Negara dari agama apalagi sampai mengakui tidak tunduk pada agama.
                Penerapan hukum-hukum agama secara utuh dalam Negara pancasila adalah dimungkinkan. Tak perlu ada ketakutan ataupun kecemburuan apapun, karna hukum-hukum agama hanya berlaku pada pemeluknya, penerapan konsep-agama-agama akan menghapus superioritas satu agama atas agama lainnya

    { 1 komentar... read them below or add one }

  • Copyright © - Maggie's Blog

    Maggie's Blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan